Mengembangkan kemampuan komunikasi siswa melalui program pembelajaran membaca dan memahami teks di SDN Margorejo V/407

banner 468x60
Mengembangkan kemampuan komunikasi siswa melalui program pembelajaran membaca dan memahami teks di SDN Margorejo V/407

JurnalPost.com – Di era digital dan informasi yang serba cepat saat ini, kemampuan berkomunikasi merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki setiap orang, termasuk siswa sekolah dasar. Keterampilan tersebut tidak hanya mencakup kemampuan berbicara dan mendengarkan, tetapi juga kemampuan membaca dan memahami teks dengan baik. Selain itu, komunikasi yang baik memungkinkan siswa memiliki pemahaman yang baik terhadap instruksi, konsep, dan pemahaman pembelajaran.

banner 336x280

Oleh karena itu, melalui program pembelajaran membaca dan memahami teks dengan latihan membaca terstruktur, siswa dapat meningkatkan kecepatan dan ketepatan membaca, tidak hanya membantu siswa meningkatkan keterampilan membaca, tetapi juga membantu mengembangkan berbagai keterampilan komunikasi lainnya. Mereka juga belajar memahami konteks dan isi teks yang dibacanya.

Melalui program Surabaya Mengajar (PSM), mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus (UNTAG) Surabaya berkesempatan membantu pembelajaran membaca dan memahami teks di SDN Margorejo V /407 dengan memanfaatkan perpustakaan sekolah yang menyediakan berbagai bahan bacaan. . Pelaksanaan program ini berlangsung pada tanggal 26 Februari hingga 14 Juni 2024 di SDN Margorejo V/407. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dengan membaca dan memahami teks yang dibacanya.

Berkat pembelajaran interaktif, siswa didorong untuk mendiskusikan isi teks, menjawab pertanyaan dan mengungkapkan pendapatnya sendiri. Hal ini membantu siswa memperoleh pemahaman yang lebih dalam dan kritis terhadap teks. Pemahaman teks yang baik juga berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi siswa. Mereka dapat lebih baik menyusun kalimat yang baik dan mengungkapkan pemikirannya dalam komunikasi. Program ini juga mengajarkan siswa untuk mendengarkan orang lain dan berkomunikasi secara efektif dengan teman sebayanya.

Dengan demikian, diharapkan program pembelajaran membaca dan memahami teks memberikan dampak positif yang signifikan bagi siswa di SDN Margorejo V/407, tidak hanya meningkatkan kemampuan komunikasi siswa, tetapi juga meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran dan aktivitas keaktifan siswa. di kelas. Keberhasilan program ini tidak lepas dari dukungan penuh seluruh pihak sekolah, termasuk guru dan orang tua.

Penulis: Safir Putri Saksono

Quoted From Many Source

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *