Peringati Hari Anti Narkotika Internasional, Mahasiswa UMM Ciptakan Gerakan Pencegahan Narkoba Melalui Olahraga Bersama BNN Kota Malang

banner 468x60
Peringati Hari Anti Narkotika Internasional, Mahasiswa UMM Ciptakan Gerakan Pencegahan Narkoba Melalui Olahraga Bersama BNN Kota Malang

JurnalPost.com – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang menciptakan gerakan pencegahan narkoba bersama BNN di kota Malang melalui perlombaan futsal dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional. Pemaparan ide dan kreativitas mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Elysian Creative dilaksanakan di kantor BNN Malang pada tanggal 16 Mei 2024. Dengan dibantu oleh pelatih praktikum mata kuliah humas Jamroji S.Sos, M.Comms dan Maharina Novia Zahro M. Bapak Pol Kombes turut serta dalam pemaparan sebagai ahli dan asisten praktik. Raymundus Andhi Hedianto, SIK selaku Kepala Badan Narkotika Nasional Malang dan beberapa staf lainnya.

banner 336x280

Presentasi dan pemaparan ide yang biasa disebut dengan “pitching” dalam kaitannya dengan ajang kejuaraan futsal juga dijadikan salah satu bentuk ujian tengah semester yang dilakukan oleh Elysian Creative. Materi yang disampaikan merupakan hasil penelitian yang memakan waktu sekitar 3 bulan, dimulai pada akhir bulan Februari tim Elysian Creative melakukan penelitian bersama BNN Kota Malang. Detil rangkaian acara yang disampaikan para anggota mulai dari kegiatan pra acara, acara inti, dan pasca acara mendapat tanggapan dan pemateri yang menarik dari dosen pembimbing.

Jamroji S.Sos, M.Comms dan Maharina Novia Zahro M.Ikom mengatakan kegiatan yang diselenggarakan dan bekerjasama dengan BNN Kota Malang harus memiliki cerita dan narasi yang mampu mengembangkan kampanye pencegahan narkoba di kalangan siswa SMA/SMK dan sederajat.

Kompol juga menyambut baik kerja sama antara mahasiswa dan pemerintah ini. Raymundus Andhi Hedianto, SIK selaku Kepala Badan Narkotika Nasional Malang dan beberapa staf lainnya. Mereka berharap dalam pengerjaan kegiatan ini kedepannya selalu mengikutsertakan BNN Kota Malang baik dari segi proses maupun kepanitiaannya. Respon ini agar Elysian Creative Group dapat bahu membahu dengan BNN Kota Malang untuk mencapai hasil yang sesuai dengan visi dan misi kedua belah pihak.

Prinsip utama acara ini adalah ide-ide kreatif terkait gerakan pencegahan narkoba di kalangan pelajar yang dilengkapi dengan kampanye sesuai usia target audiens. Merayakan Hari Anti Narkoba Internasional bersama BNN Kota Malang tidak hanya sekedar hari perayaan, namun wujud BNN Kota Malang bersama Elysian Creative yang memupuk semangat mahasiswa melalui kegiatan olahraga. Terlaksananya acara yang juga bertepatan dengan HANI dan kemeriahan kegiatan olahraga di tengah euforia timnas Indonesia di musim emas menjadi faktor besar tingginya partisipasi pelajar dalam kampanye ini.

Harapannya kerjasama ini dapat membuka peluang terjalinnya hubungan antara Prodi Ilmu Komunikasi dengan Badan Narkotika Nasional Malang. Tidak hanya kerjasama, melalui program ini mahasiswa ilmu komunikasi juga dapat berkontribusi dalam pengembangan strategi dan program inovatif BNN Kota Malang.

Penulis: Lovena Artha Mevia Wibowo
Universitas Muhammadiyah Malang

Quoted From Many Source

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *